Minggu, 02 September 2012

silabus bahasa indonesia kelas 4


SILABUS  PEMBELAJARAN


Nama Sekolah     :  SDN.PALSIGUNUNG
Mata Pelajaran   :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester   :  IV / I

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan
Keter
Jenis Test
Bentuk Instrumen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.      Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
1.1      Membuat gambar/ Denah berdasarkan penje-lasan yang di dengar
Denah
1.Siswa  dapat menggambar denah sekolah berdasarkan penjelasan yang didengar
2.Siswa dapat menentuan letak denah sekolah berdasarkan gambar.
3.Siswa dapat memberi tanda arah mata angin pada gambar denah sekolah dengan tepat
4. Siswa dapat melengkapi gambar denah sekolah dengan simbol
5.Siswa dapat menggabungkan potongan gambar denah seolah
6. Siswa dapat mensketsa gambar denah sekolah
1.Siswa mendengar-kan penjelasan dari guru tentang denah sekolah dan arah denah (arah mata angin)
2.Siswa menjelakan denah sekolah berdasarkan gambar denah sekolah.
3.Siswa  memberikan tanda arah mata angin pada gambar denah sekolah
4.Siswa melengkapi gambar denah sekolah dengan simbol yang tepat
5.Siswa menggabung-kan potongan gabar denah sekolah
6.Siswa membuat sketsa gambar denah sekolah.

·         Test
·         Non test
·         Lisan
·         Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian dan kejujuran)
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
·  Kurikulum 2006 KTSP
·   

1.2      Menjelas-kan kem-bali seca-ra lisan atau tertu      lis penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps
Lambang
1.Siswa dapat menjelaskan lambang Kota Depok
2.Siswa dapat menjelaskan arti lambang Kota Depok
3.Siswa dapat menggambar lambang Kota Depok dengan tepat
4.Sswa dapat mempresentasikan lambang Kota Depok dan artinya di depan kelas
1.Siswa mengamati gambar lambang Kota Depok dan menjelaskan arti lambang Kota Depok
2.Siswa menuliskan arti lambang Kota Depok
3.Siswa menggambar lambang Kota Depok dengan tepat
4.Siswa mempresen-tasikan lambang Kota Depok di depan kelas

·    Test
·    Non test
·         Lisan
Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian dan kejujuran)
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP

2.       Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan petunjuk penggunaan suatu alat
2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah atau gambar
      dengan
      kalimat yang
      runtut

Denah lokasi
1.Siswa dapat membaca denah sekolah berdasarkan pengamatan gambar yang telah disediakan
2.Siswa dapat menjelaskan denah sekolah berdasarkan gambar yang disediakan dengan kalimat yang runtut
3.Siswa dapat menggambar denah berdasaran penjelasan dari guru
·  Mengamati gambar denah
·  Menjelaskan tempat berdasarkan denah
Tertulis dan pe-nampilan
·         Lisan
·         Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian dan kejujuran)
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP


2.2 Menjelaskan petunjuk       penggunaan suatu       alat  dengan bahasa        yang baik dan benar

Percakapan tentang
Pengguna
an alat
1.Siswa dapat membacakan kembali petunjuk penggunaan setrika listrik yang dibacakan guru
2.Siswa dapat menjelaskan cara penggunaan setrika listrik
·  Memperagakan percakapan
·  Menjawab pertanyaan
·  Menjelaskan kembali petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan

Tertulis dan penampil-an
Uraian
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP

3.       Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
3.1      Menemu-kan piki-ran pokok teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
Teks panjang
·  Menemukan pikiran pokok teks
·  Membaca sekilas teks bacaan yang berjudul ”Pensil Ajaib”
·  Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks.
·  Menemukan pikiran pokok bacaan masing-masing paragraf
·  Membuat kalimat permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan
Tertulis
Lembar observasi
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP







3.2 Melakukan sesuatu       berdasarkan petunjuk      pemakaian yang dibaca
Teks berisi petunjuk
·  Melakukan sesuatu sesuai petunjuk
·  Membaca sekilas
·  Menjawab pertanyaan
·  Mencatat petunjuk dalam bacaan
·  Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk yang dibaca

Proses dan produk
Lembar observasi
2 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP


3.3 Menemukan makna      dan informasi secara       tepat dalam kamus/ ensiklopedia melalui       membaca memindai
Kamus/en-siklopedia anak nasional
·  Menemukan makna dan infor-masi dalam kamus / ensiklopedia
·  Membaca teks yang berjudul ”Kereta Api    Dulu dan Sekarang”
·  Menjawab pertanyaan sesuai isi bacaan
·  Menjelaskan cara menggunakan kamus
·  Membuat daftar kata sukar dan menemukan artinya dalam kamus

Proses dan produk
Tertulis dan penampil-an
4 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP


4.       Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk percakapan,  petunjuk, cerita, dan surat
4.1 Melengkapi per-cakap       an yang belum selesai       dengan memperhatikan penggunaan ejaan       (tanda titik dua dan       tanda etik)
Percakapan rumpang
·  Melengkapi percakapan rumpang
·  Membaca teks percakapan yang berjudul”Calon Ilmuan”
·  Menjawab per-tanyaan sesuai isi percakapan
·  Melengkapi percakapan rumpang.
·  Memberi tanggapan terhadap pokok permasalahan
·  Menggunakan tanda titik dua (:) dan tanda titik dalam kalimat

Proses dan produk
Tertulis
4 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP






4.2 Menulis petunjuk untuk       melakukan sesuatu atau penjelasan tentang cara membuat sesuatu
Petunjuk melakukan sesuatu
·  Menulis petunjuk untuk melakukan sesuatu
·  Membaca teks berisi petunjuk melakukan suatu percobaan
·  Mengurutkan petunjuk melakukan sesuatu sesuai gambar
·  Menulis petunjuk melakukan sesuatu

Tertulis
Tertulis dan penampil-an
4 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP


4.3 Melengkapi bagian cerita yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat sehingga menjadi cerita yang padu
Cerita rumpang
·  Melengkapi cerita rumpang
·  Membaca cerita yang rumpang ”Celengan Beni”
·  Melengkapi cerita “Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
·  Menggunakan tanda titik dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan.
Tertulis
Tertulis dan penampil-an
4 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP


4.4 Menulis surat untuk teman sebaya tentang       pengalaman atau cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan ejaan       (huruf besar, tanda titik, tanda koma, dll)
Contoh surat pribadi
·  Menulis surat untuk teman sebaya
·  Membaca contoh surat untuk teman sebaya
·  Menggunakan tanda koma untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
·  Membubuhkan tanda koma dalam kalimat
·  Menulis bagian-bagian surat
·  Menulis surat untuk teman sebaya tentang pengalaman

Tertulis
Tertulis dan penampil-an
4 x 35 menit
·  Denah sekolah
·   Bahasa Indonesia  kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP








Mengetahui,
Kepala Sekolah  SDN.Palsigunung



Hj.Ngasirah.S.Pd
NIP  :195308091976042001

Palsigunung, Juli 2012
Guru Kelas 4



Nurul Fatma Hudha
NIP : 197110012005012011

1 komentar: