SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SDN.PALSIGUNUNG
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV /
I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/ Bahan
|
Keter
|
|
Jenis Test
|
Bentuk
Instrumen
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
1. Mendengarkan
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah
|
1.1 Membuat gambar/ Denah
berdasarkan penje-lasan yang di dengar
|
Denah
|
1.Siswa dapat menggambar denah
sekolah berdasarkan penjelasan yang didengar
2.Siswa dapat menentuan letak denah sekolah berdasarkan gambar.
3.Siswa dapat memberi tanda arah mata angin pada gambar denah sekolah
dengan tepat
4. Siswa dapat melengkapi gambar denah sekolah dengan simbol
5.Siswa dapat menggabungkan potongan gambar denah seolah
6. Siswa dapat mensketsa gambar denah sekolah
|
1.Siswa mendengar-kan penjelasan dari guru tentang denah sekolah dan arah
denah (arah mata angin)
2.Siswa menjelakan denah sekolah berdasarkan gambar denah sekolah.
3.Siswa memberikan tanda arah mata
angin pada gambar denah sekolah
4.Siswa melengkapi gambar denah sekolah dengan simbol yang tepat
5.Siswa menggabung-kan potongan gabar denah sekolah
6.Siswa membuat sketsa gambar denah sekolah.
|
·
Test
·
Non test
|
·
Lisan
·
Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian dan
kejujuran)
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
· Kurikulum 2006 KTSP
|
·
|
|
1.2 Menjelas-kan kem-bali
seca-ra lisan atau tertu lis
penje-lasan tentang simbol daerah / lambang korps
|
Lambang
|
1.Siswa dapat menjelaskan lambang Kota Depok
2.Siswa dapat menjelaskan arti lambang Kota Depok
3.Siswa dapat menggambar lambang Kota Depok dengan tepat
4.Sswa dapat mempresentasikan lambang Kota Depok dan artinya di depan
kelas
|
1.Siswa mengamati gambar lambang Kota Depok dan menjelaskan arti lambang
Kota Depok
2.Siswa menuliskan arti lambang Kota Depok
3.Siswa menggambar lambang Kota Depok dengan tepat
4.Siswa mempresen-tasikan lambang Kota Depok di depan kelas
|
· Test
· Non test
|
·
Lisan
Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian
dan kejujuran)
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
2. Berbicara
Mendeskrifsikan secara lisan
petunjuk penggunaan suatu alat
|
2.1 Mendes-krifsikan tempat sesuai dengan denah
atau gambar
dengan
kalimat yang
runtut
|
Denah lokasi
|
1.Siswa dapat membaca denah sekolah berdasarkan pengamatan gambar yang
telah disediakan
2.Siswa dapat menjelaskan denah sekolah berdasarkan gambar yang
disediakan dengan kalimat yang runtut
3.Siswa dapat menggambar denah berdasaran penjelasan dari guru
|
· Mengamati gambar denah
· Menjelaskan tempat
berdasarkan denah
|
Tertulis dan pe-nampilan
|
·
Lisan
·
Perfomance (keberanian,tanggungjawab,ketelitian dan
kejujuran)
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
2.2 Menjelaskan petunjuk
penggunaan suatu alat dengan bahasa yang baik dan benar
|
Percakapan tentang
Pengguna
an alat
|
1.Siswa dapat membacakan kembali petunjuk penggunaan setrika listrik yang
dibacakan guru
2.Siswa dapat menjelaskan cara penggunaan setrika listrik
|
· Memperagakan percakapan
· Menjawab pertanyaan
· Menjelaskan kembali
petunjuk penggunaan alat sesuai teks percakapan
|
Tertulis dan penampil-an
|
Uraian
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
3. Membaca
Memahami teks agak panjang (150-200 kata),
petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedi
|
3.1 Menemu-kan piki-ran pokok
teks agak panjang (150-200 kata) dengan cara membaca sekilas
|
Teks panjang
|
· Menemukan pikiran pokok teks
|
· Membaca sekilas teks bacaan
yang berjudul
”Pensil Ajaib”
· Menjawab pertanyaan
sesuai dengan isi teks.
· Menemukan pikiran pokok
bacaan masing-masing paragraf
· Membuat kalimat
permintaan sesuai contoh yang terdapat pada teks bacaan
|
Tertulis
|
Lembar observasi
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
3.2 Melakukan sesuatu berdasarkan petunjuk pemakaian yang dibaca
|
Teks berisi petunjuk
|
· Melakukan sesuatu sesuai
petunjuk
|
· Membaca sekilas
· Menjawab pertanyaan
· Mencatat petunjuk dalam
bacaan
· Melakukan sesuatu
berdasarkan petunjuk yang dibaca
|
Proses dan produk
|
Lembar observasi
|
2 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
3.3 Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ ensiklopedia
melalui membaca memindai
|
Kamus/en-siklopedia anak nasional
|
· Menemukan makna dan
infor-masi dalam kamus / ensiklopedia
|
· Membaca teks yang
berjudul ”Kereta Api Dulu dan
Sekarang”
· Menjawab pertanyaan
sesuai isi bacaan
· Menjelaskan cara menggunakan
kamus
· Membuat daftar kata
sukar dan menemukan artinya dalam kamus
|
Proses dan produk
|
Tertulis dan penampil-an
|
4 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
4. Menulis
Mengungkap-kan pikiran, perasaan, dan informasi
secara tertulis dalam bentuk percakapan,
petunjuk, cerita, dan surat
|
4.1 Melengkapi per-cakap an yang belum selesai dengan memperhatikan penggunaan
ejaan (tanda titik dua dan tanda etik)
|
Percakapan rumpang
|
· Melengkapi percakapan rumpang
|
· Membaca teks percakapan
yang berjudul”Calon Ilmuan”
· Menjawab per-tanyaan
sesuai isi percakapan
· Melengkapi percakapan
rumpang.
· Memberi tanggapan
terhadap pokok permasalahan
· Menggunakan tanda titik
dua (:) dan tanda titik dalam kalimat
|
Proses dan produk
|
Tertulis
|
4 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
4.2 Menulis petunjuk
untuk melakukan sesuatu atau
penjelasan tentang cara membuat sesuatu
|
Petunjuk melakukan sesuatu
|
· Menulis petunjuk untuk
melakukan sesuatu
|
· Membaca teks berisi
petunjuk melakukan suatu percobaan
· Mengurutkan petunjuk
melakukan sesuatu sesuai gambar
· Menulis petunjuk
melakukan sesuatu
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
4 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
4.3 Melengkapi bagian cerita
yang hilang (rumpang) dengan meng-gunakan kata atau kalimat yang tepat
sehingga menjadi cerita yang padu
|
Cerita rumpang
|
· Melengkapi cerita
rumpang
|
· Membaca cerita yang rumpang
”Celengan Beni”
· Melengkapi cerita
“Celengan Beni” dengan kata atau kalimat yang tepat.
· Menggunakan tanda titik
dan tanda baca lainnya dalam konteks kalimat atau teks bacaan.
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
4 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
|
4.4 Menulis surat untuk teman
sebaya tentang pengalaman atau
cita-cita dengan bahasa yang baik dan benar dan memperhati-kan peng-gunaan
ejaan (huruf besar, tanda titik,
tanda koma, dll)
|
Contoh surat pribadi
|
· Menulis surat untuk
teman sebaya
|
· Membaca contoh
· Menggunakan tanda koma
untuk memisah-kan kata-kata dalam suatu pemerincian
· Membubuhkan tanda koma
dalam kalimat
· Menulis bagian-bagian
surat
· Menulis surat untuk
teman sebaya tentang pengalaman
|
Tertulis
|
Tertulis dan penampil-an
|
4 x 35 menit
|
· Denah sekolah
· Bahasa Indonesia kelas 4
Kurikulum 2006 KTSP
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SDN.Palsigunung
Hj.Ngasirah.S.Pd
NIP :195308091976042001
|
|
Palsigunung, Juli 2012
Guru Kelas 4
Nurul Fatma Hudha
NIP : 197110012005012011
|
terima kasih sudah membantu
BalasHapus